Cermati Pemakaian Antibiotik

Apa sih antibiotik? Kita sering mendengar dalam kehidupan sehari-hari, antibiotik lebih tepatnya adalah obat yang berfungsi sebagai penghambat atau pembunuh bakteri. Ada apa dengan bakteri? bakteri adalah salah satu penyebab seserorang mengalami sakit. Sekarang ini antibiotik sangat mudah sekali didapatkan dengan bebas. Padahal seharusnya antibiotik didapatkan sesuai dengan resep dokter. Salah satu yang menarik dari antibiotik dengan obat yang lain adalah karena antibiotik sendiri punya efek yang berbahaya jika kita tidak dapat menggunakannya dengan cermat salah satunya yaitu terjadinya resistensi antibiotik, yaitu dimana tubuh kita kebal terhadap suatu antibitoik tertentu. Ayo kita sama-sama pelajari apa sih yang harus dicermati ketika kita sakit dan mendapatkan obat antibiotik yang pasti berdasarkan resep dokter ya.

Pada saat kondisi sakit seperti apa kita mendapatkan antibiotik?

Antibiotik diberikan oleh dokter dengan kondisi apabila kita memang sudah ada gejala mengalami infeksi, apa saja tanda-tanda kita mengalami infeksi? Yang pertama adalah demam terjadi lebih dari 3 hari, adanya rasa nyeri, adanya kondisi bengkak yang terjadi pada tubuh kita, adanya kemerahan yang terjadi pada kulit biasanya ini pada kondisi seseorang yang mengalami peradangan atau luka. Apabila kita ingin mengetahui lebih jauh apakah sakit yang kita alami disebabkan oleh bakteri serta meninjau lebih jauh untuk bakteri yang ada pada tubuh adalah dilakukan tes laboratotium, sehingga dapat jelas dipastikan apakah ketika kita sakit membutuhkan antibiotik atau tidak.

Apa saja yang menjadi faktor resistensi antibiotik?

Penggunaan antibiotik yang sering, mulai sekarang stop penggunaan antibiotik jika bukan dianjurkan oleh dokter anda sendiri, walaupun itu dengan kondisi sakit yang sama tetap anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter keluarga anda.
Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan memberi kesempatan pada bakteri untuk bermuasi sehingga bakteri tersebut tahan terhadap antibiotik tertertu, kecuali pada kasus-kasus tertertu yang membutuhkan jangka waktu lama dalam pengobatan antibiotik dan harus dengan pengawasan dokter keluarga anda.

Tidak tepat cara penggunaanya, ketika kita minum antibiotik kita harus melihat aturan pakainya terlebih dahulu apakah diminum satu kali sehari, duka kali atau tiga kali dalam sehari. Waktu yang tepat diperlukan saat kita minum antibiotik misalkan diminum 1 kali dalam sehari maka kita harus minum setiap 24 jam diminum sama waktunya saat pertama kali minum, contoh lain misalkan 2 kali sehari kita harus minum setiap 12 jam misal minum pertama jam 8 pagi maka selanjuatnya minum jam 8 malam begitu selanjutnya sampai selesai dan diharapkan untuk minum secara rutin dan jangan lerlewat atau lupa.

Penggunaan antibiotik untuk ternak, akhir-akhir ini sering sekali masyarakat kita membeli antibiotik untuk ternaknya dikarenakan takut ternaknya sakit atau untuk stamina hewan ternak. Dosis yang tidak sesuai akan menyebabkan tumbuhnya bakteri-bakteri yang resisten pada 
antibiotik. 

     REFERENSI
     Farmakologi dan Terapi Edisi 5

Komentar